Cara Mengatasi Apache Error AH01909: www.example.com:443:0 server certificate does NOT include an ID which matches the server name di XAMPP

Setiap kamu membuat program sistem atau aplikasi dengan mengandalkan AWS SDK for PHP untuk integrasi antara cloud computing dengan bahasa pemrograman PHP di dalam project kamu, pasti ada ketemu kesalahan atau error pada saat mengetik coding, pengujian sistem atau aplikasi, pemasangan kode perintah SDK, dan sebagainya di dalam web server dengan tools apapun.

Salah satu error yang sering ditemukan di dalam Apache web server yaitu AH01909: www.example.com:443:0 server certificate does NOT include an ID which matches the server name. Hal ini dapat terjadi yang disebabkan ketidakcocokan antara kode ID nama server dengan protokol HTTPS (443).

Jadi, pada saat kamu melakukan pengujian hasil program sistem atau aplikasi yang terutama web / website yang telah diintegrasi dengan beberapa layanan Cloud Computing AWS melalui AWS SDK tidak dapat berjalan dengan baik yang disebabkan sertifikat SSL tidak dapat dikenali dengan sesuai alamat situs yang sedang akses.

Bagi kamu yang menggunakan aplikasi web server sistem paket XAMPP bisa mengecek rekaman log error yang diatas di dalam apache/logs/error.log.

Untuk mengatasi error yang diatas, maka penulis memberikan beberapa cara yang meliputi dalam melakukan update baik upgrade atau downgrade library Visual C++ Redistributable di dalam Windows, dan mengkonfigurasi virtual host untuk membuka akses jalur port HTTPS (443).

#1 Melakukan Update baik Upgrade atau Downgrade Library Visual C++ Redistributable (for Windows)

Pada sesi ini, bagi kamu pengguna Windows yang arsitektur 32 bit atau 64 bit itu bisa melakukan update baik upgrade atau downgrade library Visual C++ Redistributable dengan sesuai versi PHP yang terpasang di server.

Daftar Link Penyesuaian Versi PHP dengan Library Visual C++ Redistributable :

Setelah mendapatkan Library Visual C++ Redistributable yang sesuai dengan versi PHP yang terpasang atau sedang aktif di web server, maka kamu install library tersebut dengan cara seperti install aplikasi atau software di Windows pada umumnya. Hal ini biasanya terjadi pada melakukan upgrade atau download versi PHP itu sendiri yang terdapat XAMPP.

#2 Mengkonfigurasi Virtual Host untuk Membuka Akses Jalur Port HTTPS (443)

Pada sesi ini, kamu melakukan konfigurasi untuk perubahan listen port 443 dengan nama domain atau alamat IP yang sesuai dengan pengaturan host di dalam sistem operasi yang dijadikan server melalui Virtual Host.

1. Klik My Computer.

2. Klik local disk yang ada terdapat di XAMPP.

3. Klik Folder xampp >> apache >> conf >> extra >> Klik sekali file yang bernama “httpd-ssl.conf”.

4. Klik kanan pada file “httpd-ssl.conf” untuk dibuka dengan aplikasi Text Editor klik Open With …… .

5. CTRL + F dan ketikkan “Listen 443”, tekan Enter sampai ketemu.

6. Hilangkan tanda “#” sebelum “Listen 443”.

7. Memasuki bagian Virtual Host khusus port 443, gantikan ServerName dari “www.example.com:443” menjadi “localhost:443”.

8. Tekan CTRL + S.

9. Restart layanan Apache web server di XAMPP Control Panel.

Selesai.

Pada langkah ke-9 tidak perlu diikuti jika kamu tidak mengaktifkan layanan Apache web server di XAMPP Control Panel pada sebelumnya.

Dari dua cara yang diatas, diharapkan dapat menyelesaikan masalah error yang terdapat Apache web server dengan kode AH01909 yaitu www.example.com:443:0 server certificate does NOT include an ID which matches the server name yang dimana ada ketidakcocokan antara nama server atau host dari Virtual Host khusus HTTPS di dalam XAMPP dengan host dari sistem operasi yang dijadikan server.

Jadi, kamu bisa melanjutkan dalam membuat program sistem atau aplikasi dengan mengandalkan layanan cloud computing dari AWS melalui Developer / Programming dengan AWS SDK yang disediakan oleh Amazon yang terutama menggunakan bahasa pemrograman PHP seperti menampilkan beberapa data dengan bantuan Machine Learning.

Salah satu syarat wajib sebelum menggunakan AWS SDK for PHP harus telah integrasi sistem keamanan protokol untuk pertukaran data yang dikenal dengan SSL / TLS di dalam server yang berupa sertifikat baik itu dari CA maupun Self-Signed.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.