Konfigurasi Credentials IAM pada AWS SDK ke dalam PHP

Sebelum melakukan deploy sistem atau aplikasi yang telah dibuat dengan bantuan layanan AWS SDK for PHP itu memastikan konfigurasi Credentials  yang terdapat di layanan Amazon IAM telah benar agar dapat dieksekusi atau dijalankan dengan baik di browser.

Jadi, fungsi dari layanan Amazon IAM itu sendiri yaitu mengkonfigurasi dalam penggunaan hak akses di dalam akun AWS (Amazon Web Services) itu sendiri terhadap layanan cloud computing yang diperlukan.

Kamu harus bisa menjaga kerahasiaan kode kredensial baik itu username maupun password yang didapatkan dari layanan Amazon IAM dari pihak yang tidak bertanggungjawab.

Untuk kali ini, tutorial ini sedikit membahas tentang penggunaan konfigurasi Credentials dari Amazon IAM dalam menerapkannya ke dalam bahasa pemrograman PHP.

$options = [ 'region' => 'us-east-1', 
'version' => 'latest', 
'credentials' => [ 'profile' => 'MASUKKAN NAMA PROFIL ATAU USER', 
   'key' => "MASUKKAN ACCESS KEY ID", 
   'secret' => "MASUKKAN SECRET KEY", 
   'token' => "MASUKKAN SESSION TOKEN" ] 
];

KETERANGAN

Mari membahas dari penggunaan masing-masing kode perintah yang diatas untuk melakukan konfigurasi Credentials IAM ke dalam bahasa pemrograman PHP.

1. Zone Region atau Data Center.

'region' => 'us-east-1'

Kode perintah yang diatas digunakan untuk memasukkan Zone Region atau Data Center yang sedang aktif di dalam layanan cloud computing yang akan digunakan untuk membuat sistem atau aplikasi dengan menggunakan AWS SDK for PHP.

2. Versi dalam Policy layanan AWS.

'version' => 'latest',

Kode perintah yang diatas digunakan untuk memasukkan versi Policy yang diterapkan di dalam layanan cloud computing AWS itu sendiri yang akan digunakan untuk membuat sistem atau aplikasi dengan menggunakan AWS SDK for PHP.

3. Konfigurasi Credentials

'credentials' => [ 
  'profile' => 'MASUKKAN NAMA PROFIL ATAU USER', 
  'key' => "MASUKKAN ACCESS KEY ID", 
  'secret' => "MASUKKAN SECRET KEY", 
  'token' => "MASUKKAN SESSION TOKEN" ] 
]

Kode perintah yang diatas digunakan untuk memasukkan nama kredensial sesuai dengan peraturan IAM yang telah dibuat oleh pemilik akun AWS itu sendiri dalam membangun sistem atau aplikasi dengan menggunakan AWS SDK for PHP.

Untuk memasukkan profile ke dalamnya, maka bisa diambil dari nama user yang telah dibuatkan ke dalam layanan Amazon IAM.

Apabila ada terdapat kode perintah “token”, ini biasanya dipakai oleh pengguna akun AWS Educate yang dimana kredensial tersebut telah dibuatkan oleh Vocareum Labs dengan memberikan durasi waktu antara 60 – 120 menit.

Setelah melakukan konfigurasi Credentials terhadap layanan cloud computing yang akan dipakai oleh developer dengan benar, bisa melakukan pengujian hasil program, sistem, atau aplikasi tersebut di dalam browser.

Untuk mendapatkan Credentials yang diatas, kamu bisa membuat Credentials tersebut di dalam Amazon IAM dengan sesuai kebutuhan layanan cloud computing dalam membangun / deploy sistem atau aplikasi dengan menggunakan AWS SDK for PHP, kecuali akun AWS Educate.

KONFIGURASI DENGAN CARA LAIN

Kamu juga bisa menggunakan cara lain untuk melakukan konfigurasi Credentials IAM melalui AWS SDK for PHP dengan menggunakan kode perintah define().

<?php
define("REGION","Masukkan Zone Region");
define("VERSION","Masukkan Versi Policy");
define("PROFILE","Masukkan nama user");
define("ACCESSKEYID","Masukkan kode Access Key ID");
define("SECRETKEY","Masukkan kode Secret Key");

//Untuk pemakai AWS Educate wajib menggunakan kode Token key.
define("TOKEN","Masukkan kode Token Key");

//Inisialisasi variabel yang bernama options.
$options = [ 'region' => REGION, 
'version' => VERSION, 
'credentials' => [ 
  'profile' => PROFILE, 
  'key' => ACCESSKEYID, 
  'secret' => SECRETKEY, 
  'token' => TOKEN] 
];

?>

Dengan menggunakan fungsi define() ini memungkinkan source code yang diatas lebih mudah dibaca oleh pemrogram atau programmer lain dalam membantu untuk meningkatkan sistem kerja dan performa terhadap program tersebut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.