Cara Menggunakan AWS SDK for PHP di Hosting Gratis 000Webhost

000Webhost merupakan salah satu layanan situs yang menyediakan hosting gratis yang paling banyak dipakai dunia untuk membangun aplikasi berbasis website dari awal sebelum memasuki tahap pengembangan yang lebih serius.

Namun, beberapa belakangan ini file kompres .ZIP atau .RAR itu tidak bisa diekstrak langsung dari dashboard FTP 000webhost (files.000webhost.com) sehingga project website yang terkompres itu tidak bisa diekstrak. Untuk cara mengatasinya, kamu harus melakukan upload file satu per satu ke dalam hosting gratis 000webhost.

Kelebihan hosting gratis dari 000Webhost yaitu memberikan fasilitas untuk keamanan protokol jaringan dalam transfer data yang dienkripsi disebut HTTPS atau TLS.

Ini termasuk juga extract dari file kompres AWS SDK PHP yang dimana seringkali bermasalah pada saat proses extract file tersebut yang disebabkan melewati batas ukuran dalam upload file yang diberikan oleh pihak hosting gratis.

Selain itu, hosting gratis tidak menyediakan atau memfasilitasi layanan Composer yang dapat membantu dalam membuat aplikasi web sendiri dengan bantuan API atau Tools yang diperlukan tanpa harus mengunduh file pendukung melalui browser.

Untuk mengatasi permasalahan yang diatas, penulis telah membuat aplikasi web unzipper sendiri untuk extract file kompres AWS SDK PHP tadi ke dalam hosting gratis sehingga kamu tetap bisa belajar membuat website sendiri dengan mengandalkan AWS SDK PHP sebagai API Tools-nya dan tidak menggunakan layanan Composer. Aplikasi web untuk unzipper sendiri bisa didapatkan di link Github. Nama aplikasi Unzipper buatan penulis sendiri yakni PHP Frains.

Mengapa lebih rekomendasi menggunakan hosting gratis di dalam membuat aplikasi web dengan bantuan AWS SDK for PHP?

Karena, ada beberapa hosting gratis itu memfasilitasi keamanan protokol jaringan seperti HTTPS atau SSL yang menjadi syarat wajib sebelum menggunakan API Tools AWS SDK for PHP sehingga kamu tidak perlu melakukan konfigurasi untuk mengaktifkan layanan HTTPS atau SSL di dalam hosting.

Penulis memberikan tutorial cara menggunakan API Tools AWS SDK for PHP di dalam hosting gratis 000Webhost. Hal ini dilakukan secara bertahap yang bisa kamu mengikuti tutorial tersebut secara perlahan.

#1 Memasuki File Manager Hosting Gratis di 000Webhost.

Sebelum memasuki sesi ini, kamu pastikan telah membuat akun beserta hosting gratis baru. Setelah itu, kamu akan memasuki bagian File Manager dari 000Webhost untuk upload aplikasi unzipper tadi.

1. Kunjungi situs 000Webhost.

2. Klik SIGN IN.

3. Pilihlah login dengan OAuth System yang terdaftar di akun member 000Webhost.

4. Klik Manage Website.

5. Klik Tools.

6. Klik File Manager.

7. Klik Upload Files.

Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan dashboard File Manager dari 000Webhost. Folder public_html yang akan diisikan dengan aplikasi unzipper tadi beserta API Tools AWS SDK for PHP.

#2 Persiapkan Aplikasi Unzipper dan AWS SDK for PHP

Sesi ini kamu mempersiapkan beberapa bahan yang akan diupload ke dalam hosting gratis di 000Webhost yaitu aplikasi Unzipper dan tools AWS SDK for PHP.

1. Unduh aplikasi Unzipper buatan penulis sendiri disini.

2. Klik Download ZIP.

3. Extract file tersebut ke dalam komputer atau laptop.

4. Unduh API Tools AWS SDK for PHP sesuai dengan versi PHP yang sedang aktif di hosting tersebut.

Setelah kamu melakukan unduh kedua bahan diatas tersebut yang akan upload ke dalam hosting gratis.

#3 Upload Aplikasi Unzipper ke dalam Hosting.

Sesi ini kamu melakukan upload aplikasi Unzipper yang telah didapatkan dari Github milik penulis ke dalam hosting di 000Webhost.

1. Buka halaman tampilan File Manager di 000Webhost.

2. Buka folder public_html.

3. Klik ikon Upload.

4. Klik Select Files.

5. Pilihlah file “extract.php” di dalam folder Unzipper tadi, tekan Open.

6. Klik UPLOAD.

Berikut hasil upload aplikasi Unzipper ke dalam hosting.

7. Klik kanan pada file “extract.php” >>> Klik View untuk menampilkan aplikasi Unzipper tadi.

8. Berikut hasil tampilan aplikasi Unzipper buatan penulis.

Di dalam aplikasi Unzipper ini memiliki pendeteksian versi PHP yang sedang digunakan di dalam server / hosting beserta bisa install PHP Framework seperti CodeIgniter, Laravel (terkadang pakai composer), dan teman-temannya agar kamu bisa membuat project website baru dengan PHP Framework lebih cepat.

#4 Upload API TOOLS SDK for PHP ke dalam Hosting dengan aplikasi Unzipper.

Sesi ini kamu melakukan upload API Tools AWS SDK for PHP ke dalam hosting gratis dengan menggunakan aplikasi Unzipper sebagai mengatasi tidak bisa melakukan extract file kompresi seperti .zip atau .rar di 000Webhost.

1. Kunjungi situs [namapengguna].000webhostapp.com/extract.php

2. Klik Browser untuk upload API Tools AWS SDK for PHP.

3. Pilihlah file kompresi “aws-sdk-php-full.zip” atau “aws-sdk-php-full-php5.zip” (untuk versi PHP 5), tekan Open.

4. Klik Upload. Ini membutuhkan beberapa waktu sampai berhasil upload file kompresi sampai extract file tersebut secara otomatis.

5. Berikut tampilan sukses upload.

6. Klik ikon Refresh di File Manager 000Webhost untuk menampilkan extract file kompresi tersebut.

Berikut hasil dari upload API Tools AWS SDK for PHP.

Kamu telah berhasil melakukan upload API Tools AWS SDK for PHP ke dalam hosting tersebut dengan menggunakan aplikasi Unzipper buatan penulis.

#5 Membuat File Index.php di dalam folder AWS SDK for PHP. (jika diperlukan).

Sesi ini membuat file baru yang bernama “index.php” yang dimana file tersebut digunakan untuk menjaga keamanan website pada saat mengakses direktori yang tidak memiliki index.

1. Bukalah folder “aws-sdk-php-full” atau “aws-sdk-php-full-php5”.

2. Klik ikon New File.

3. Berikan nama file yaitu index.php, klik CREATE.

4. Klik kanan pada file “inde.php” >>> Klik Edit.

 

5. Ketikkan kode perintah di bawah ini.

<?php
header('Location:../');
?>

 

6. Klik Save & Close.

Selesai.

Kamu telah berhasil mengikuti tutorial ini secara bertahap dalam cara menggunakan API Tools AWS SDK for PHP di dalam hosting gratis 000Webhost sehingga bisa membuat atau membangun aplikasi atau sistem web yang menggunakan AWS SDK for PHP sebagai API Tools-nya. Misalkan, kamu membuat website untuk mendeteksi ekspresi seseorang melalui webcam dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan AWS SDK for PHP.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.